Sekolah #PerempuanMuda

Sekolah #PerempuanMuda

Indonesia tengah berada dalam krisis kepemimpinan kaum perempuan. Menurut Susenas BPS 2014-2015, perempuan mengambil proporsi 49,7% dari total 254,9 juta penduduk Indonesia. Namun hingga periode pemerintahan 2014-2019, hanya terdapat 17,3% wakil perempuan dari total 560 wakil rakyat (KPU) serta hanya terdapat 7,44% calon kepala daerah perempuan pada pilkada 2016 (Litbang Kompas).

Data diatas membuat kami terpanggil untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan para perempuan muda dengan harapan agar ke depannya tumbuh bibit-bibit pemimpin perempuan yang baru dan sadar akan pentingnya untuk terlibat di dunia pemerintahan. Mengacu pada poin nomor tiga di Nawa Cita, kami ingin memulai usaha ini agar mendukung cita-cita nasional untuk membentuk sumber daya manusia di daerah rural. Pembangunan tersebut akan kami hadirkan dalam bentuk kegiatan edukasi bernama Sekolah #PerempuanMuda.

Sekolah #PerempuanMuda merupakan program pelatihan kepemimpinan dan kewarganegaraan yang menyasar remana putri usia SMP dan SMA di berbagai pelosok Indonesia. Program ini terdiri dari 6 sesi integratif bertema “Kepemimpinan”dan “Cinta Indonesia” yang dibawakan oleh fasilitator terlatih. Pelajaran yang dibawakan antara lain; Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari, Pahlawan Perempuan Indonesia, dan Semangat Anti Korupsi.

Berminat untuk membawa kurikulum ini ke sekolah atau komunitas Anda? Silahkan menghubungi kami via social media atau dengan mengirimkan surel ke kontak@perempuanpolitik.id

© 2017 Perempuan Politik. Desain dan Pengembangan oleh TigaTigaDua