#GirlsCanLead Leadership Camp

#GirlsCanLead Leadership Camp

Indonesia tengah berada dalam krisis kepemimpinan kaum perempuan. Menurut Susenas BPS 2014-2015, perempuan mengambil proporsi 49,7% dari total 254,9 juta penduduk Indonesia. Namun hingga periode pemerintahan 2014-2019, hanya terdapat 17,3% wakil perempuan dari total 560 wakil rakyat (KPU) serta hanya terdapat 7,44% calon kepala daerah perempuan pada pilkada 2016 (Litbang Kompas).

Data diatas membuat kami terpanggil untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan para perempuan muda dengan harapan agar ke depannya tumbuh bibit-bibit pemimpin perempuan yang baru dan sadar akan pentingnya untuk terlibat di dunia pemerintahan. Mengacu pada poin nomor tiga di Nawa Cita, kami ingin memulai usaha ini agar mendukung cita-cita nasional untuk membentuk sumber daya manusia di daerah rural. Pembangunan tersebut akan kami hadirkan dalam bentuk kegiatan edukasi bernama #GirlsCanLead.

#GirlsCanLead merupakan program pelatihan kepemimpinan dan kewarganegaraan yang menyasar remana putri usia SMA di berbagai pelosok Indonesia. Program ini terdiri dari 6 sesi integratif bertema “Kepemimpinan”dan “Cinta Indonesia” yang dibawakan oleh fasilitator terlatih. Pelajaran yang dibawakan antara lain; Penerapan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari, Pahlawan Perempuan Indonesia, dan Semangat Anti Korupsi. Sejauh ini, #GirlsCanLead sudah pernah diadakan di 2 tempat, yakni di Poso, Sulawesi Tengah dan Pesantren Asshidiqiyah, Jawa Barat.

Berminat untuk membawa kurikulum ini ke sekolah atau komunitas Anda? Silahkan menghubungi kami via social media atau dengan mengirimkan surel ke kontak@perempuanpolitik.id

© 2017 Perempuan Politik. Desain dan Pengembangan oleh TigaTigaDua